BERANDA / e-FAKTUR / Cara Mengajukan Permohonan Kode Aktivasi dan Password

Cara Mengajukan Permohonan Kode Aktivasi dan Password

Kode Aktivasi dan Password – Setiap Pengusaha Kena Pajak atau yang sering disebut sebagai PKP wajib memungut PPN dengan menggunakan faktur pajak. Faktur Pajak adalah bukti pungutan pajak yang dibuat oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) atau penyerahan Jasa Kena Pajak (JKP).

Untuk membuat faktur pajak, dibutuhkan Nomor Seri Faktur Pajak atau sering disingkat dengan NSFP. Nomor Seri Faktur Pajak adalah nomor seri yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada Pengusaha Kena Pajak dengan mekanisme tertentu untuk penomoran Faktur Pajak yang berupa kumpulan angka, huruf, atau kombinasi angka dan huruf yang ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Selanjutnya, untuk meminta Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dibutuhkan kode aktivasi pajak dan password nomor seri faktur pajak atau password enofa.

 

cara mengajukan permohonan kode aktivasi dan password nomor seri faktur pajak
sumber foto : google.com

 

Kode Aktivasi dan Password NSFP (Password enofa)

Kode Aktivasi Pajak adalah kode yang berupa karakter yang dapat terdiri dari angka, huruf, atau kombinasi angka dan huruf yang diberikan Direktorat Jenderal Pajak kepada PKP melalui surat pemberitahuan kode aktivasi.

Password adalah kode yang berupa karakter yang dapat terdiri dari angka, huruf, atau kombinasi angka dan huruf yang diberikan Direktorat Jenderal Pajak kepada PKP melalui surat elektronik (email).

 

Proses Permintaan NSFP

Secara singkat proses permintaan NSFP dari awal adalah sebagai berikut :

  1. Wajib Pajak mendaftar untuk memiliki NPWP
  2. Setelah punya NPWP, wajib pajak mengajukan permohonan pengukuhan pengusaha kena pajak (PKP)
  3. Setelah menjadi PKP, Wajib Pajak mengajukan permohonan Kode Aktivasi pajak dan Password nomor seri faktur pajak (password e-nofa)
  4. Setelah menerima surat pemberitahuan Kode Aktivasi dan Password, Wajib Pajak mengajukan permohonan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdaftar
  5. Wajib Pajak menerima pemberitahuan nomor seri faktur pajak atau surat pemberitahuan penolakan kode aktivasi dan password.

 

Permohonan Kode Aktivasi Pajak dan Password Nomor Seri Faktur Pajak

Wajib Pajak yang telah dikukuhan sebagai PKP sebelum meminta nomor seri faktur pajak harus mengajukan permohonan kode aktivasi dan password terlebih dahulu. PKP mengajukan permohonan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat dimana Wajib Pajak dikukuhkan menjadi PKP. Pengajuan Kode Aktivasi dan Password nomor seri faktur pajak  menggunakan surat permohonan kode aktivasi pajak dan password nomor seri faktur pajak. Surat permohonan kode aktivasi dan password bisa di download DISINI.

Surat permohonan harus diisi dengan lengkap dan disampaikan secara langsung ke Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak dikukuhkan menjadi PKP.

Apabila permohonan diterima, maka PKP akan menerima surat pemberitahuan Kode Aktivasi yang dikirimkan oleh kantor pajak ke alamat PKP melalui pos. Selain itu, PKP juga akan menerima Password enofa yang dikirimkan ke alamat email sesuai yang dicantumkan oleh PKP dalam surat permohonan kode aktivasi dan password.

 

Jangka Waktu Permohonan Kode Aktivasi

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang memproses permohonan kode aktivasi dan password nomor seri faktur pajak (password enofa) wajib menerbitkan surat pemberitahuan kode aktivasi atau surat pemberitahuan penolakan kode aktivasi dan password dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja setelah permohonan diterima. Biaya untuk mengajukan permohonan kode aktivasi dan password adalah GRATIS.

About adminsp

BACA JUGA

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Bagaimana cara melakukan permintaan nomor seri faktur pajak (NSFP) ? Mungkin pertanyaan ini sering ditanyakan oleh wajib pajak …

tinggalkan komentar