BERANDA / e-FAKTUR / Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Bagaimana cara melakukan permintaan nomor seri faktur pajak (NSFP) ? Mungkin pertanyaan ini sering ditanyakan oleh wajib pajak yang baru terdaftar. Yang bisa meminta nomor seri faktur pajak adalah wajib pajak yang telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak atau PKP. Kalau belum PKP maka tidak bisa meminta nomor seri faktur pajak (NSFP) .

Selain itu yang perlu disiapkan adalah kode aktivasi pajak dan password nomor seri faktur pajak. Apabila sobat belum paham cara mendapatkan kode aktivasi dan password NSFP, Silahkan klik artikel cara meminta kode aktivasi dan password nomor seri faktur pajak.

Setelah sobat punya kode aktivasi dan password, maka sobat bisa meminta NSFP ke kantor pajak dimana Wajib Pajak terdaftar atau dikukuhkan menjadi PKP.

 

cara melakukan permintaan nomor seri faktur pajak

Syarat dan Proses yang perlu diperhatikan dalam meminta NSFP adalah :

  1. Sudah dikukuhkan menjadi PKP
  2. Sudah punya kode aktivasi dan password NSFP (password e-nofa) serta membawanya ketika meminta NSFP ke kantor pajak.
  3. Apabila wajib pajak sudah menjadi PKP lebih dari 3 bulan, maka sebelum meminta nomor seri faktur pajak, SPT Masa PPN tiga bulan terakhir yang telah jatuh tempo harus sudah dilaporkan.
  4. Meminta nomor seri faktur pajak dengan menggunakan form permintaan nomor seri faktur pajak. Form atau surat permintaan nomor seri faktur pajak bisa didownload DISINI.
  5. Surat permintaan Nomor Seri Faktur Pajak harus diisi secara lengkap dan disampaikan langsung ke Kantor Pelayanan Pajak tempat PKP dikukuhkan
  6. Apabila memenuhi syarat, maka PKP akan diberikan surat pemberitahuan nomor seri faktur pajak
  7. Jumlah faktur yang dapat diminta pada saat pertama kali mengajukan permintaan nomor seri faktur pajak adalah sebanyak 75 nomor seri faktur pajak dalam satu surat permintaan nomor seri faktur pajak. Apabila sudah pernah meminta NSFP sebelumnya, pada permintaan berikutnya jumlah NSFP yang dapat diminta adalah : maksimal 120% dari total faktur yang telah diterbitkan selama 3 bulan terakhir.

 

 

permintaan nomor seri faktur pajak
sumber foto : google.com

 

 

Informasi Tambahan

  • Surat pemberitahuan Nomor Seri Faktur Pajak yang hilang, rusak, atau tidak tercetak dengan jelas, dapat dimintakan kembali ke Kantor Pelayanan Pajak dengan menunjukkan surat permintaan Nomor Seri Faktur Pajak.
  • Nomor Seri Faktur Pajak yang diberikan, hanya memiliki masa berlaku sampai tanggal 31 Desember pada tahun yang sama dengan tanggal surat pemberitahuan nomor seri faktur pajak. misalnya tanggal surat pemberitahuan nomor seri faktur pajak adalah 5 Mei 2016, maka nomor seri faktur pajak hanya bisa digunakan sejak tanggal 5 mei 2016 sampai dengan tanggal 31 Desember 2016. Apabila nomor seri faktur pajak digunakan untuk faktur pajak sebelum tanggal 5 mei atau setelah tanggal 31 Desember tahun 2016, maka faktur pajak tersebut tidak sah dan merupakan faktur pajak cacat.
  • PKP yang membuat Faktur Pajak dengan menggunakan Nomor Seri Faktur Pajak ganda atau Nomor Seri Faktur Pajak yang sama lebih dari 1 (satu) dalam tahun pajak yang sama, maka seluruh Faktur Pajak dengan Nomor Seri Faktur Pajak tersebut termasuk Faktur Pajak Tidak Lengkap.
  • Nomor Seri Faktur Pajak yang tidak digunakan dalam suatu tahun pajak tertentu dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak tempat PKP dikukuhkan bersamaan dengan SPT Masa PPN Masa Pajak Desember tahun pajak yang bersangkutan dengan menggunakan formulir Pemberitahuan nomor seri yang tidak digunakan. Formulir tersebut bisa didownload DISINI
  • Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak juga bisa dilakukan secara online bagi PKP yang sudah mempunyai sertifikat elektronik pajak. Caranya bisa klik artikel tentang Cara Meminta NSFP Secara Online

 

Demikian tutorial bagaimana cara meminta nomor seri faktur pajak. Semoga artikel kali ini dapat memberikan secercah pencerahan dalam dunia faktur memfaktur.

About adminsp

BACA JUGA

cara mengajukan permohonan kode aktivasi dan password nomor seri faktur pajak

Cara Mengajukan Permohonan Kode Aktivasi dan Password

Kode Aktivasi dan Password – Setiap Pengusaha Kena Pajak atau yang sering disebut sebagai PKP wajib …

tinggalkan komentar