BERANDA / E-BILLING / error saat proses pendaftaran akun e-billing pajak di sse.pajak.go.id

error saat proses pendaftaran akun e-billing pajak di sse.pajak.go.id

pendaftaran akun e-billing pajak  saat melakukan pendaftaran akun e-billing pajak di sse.pajak.go.id, sobat mungkin mendapatkan masalah e-billing pajak yang tiba-tiba error. Walaupun sering terjadi error, sobat jangan langsung panik. Setiap error yang muncul di e-billing pajak ada solusinya. Berikut penjelasan tentang error yang sering muncul ketika pendaftaran akun e-billing pajak di sse.pajak.go.id disertai cara mengatasinya.

 

 

pendaftaran akun e-billing pajak tiba-tiba error
pendaftaran akun e-billing

 

 

Daftar error saat pendaftaran akun e-billing pajak

Error #1 Gagal saat registrasi akun di sse.pajak.go.id 

Saat pendaftaran akun di sse.pajak.go.id  muncul pesan user id sudah ada. Penyebabnya, NPWP sudah pernah terdaftar sehingga proses pendaftaran di tolak.

Solusi :

Silahkan hubungi call center e-billing di (021) 52903801 s.d 52903808 dan minta petugas untuk mengecek data pendaftaran atas NPWP tersebut. Atau sobat bisa datang ke kantor pajak terdekat untuk berkonsultasi.

 

 

gagal saat registrasi di sse.pajak.go.id
user ID sudah ada

 

 

Error #2 link aktivasi pendaftaran akun ebilling dari sse.pajak.go.id  tidak masuk ke email

user sudah melakukan pendaftaran akun e-billing, tapi belum menerima link aktivasi. sekedar catatan saja, link aktivasi yang dikirimkan oleh sse.pajak.go.id  berlaku hanya 3 hari sejak pendaftaran akun e-billing. Apabila dalam jangka waktu 3 hari sejak proses registrasi sobat belum menerima link aktivasi e billing, segera lakukan cara-cara berikut ini :

 

  • Silahkan cek folder spam di email sobat, mana tau link aktivasi registrasi e-billing yang ditungu-tunggu masuk ke folder spam. Jika link aktivasi memang tidak ada, maka lakukan cara berikutnya ;
  • Alamat email yang sobat masukan mungkin salah. Hubungi nomor call center e-billing (021) 52903801 s.d 52903808 untuk meminta petugas mengganti alamat email dengan yang baru dan mengirimkan ulang link aktivasi apabila masih dalam jangka waktu 3 hari sejak pendaftaran. Pastikan alamat email yang sobat berikan kepada petugas sudah benar dan aktif. Bila tidak, sobat bisa lakukan langkah berikutnya ;
  • Tunggu sampai 3 hari sejak pendaftaran akun. Jika link aktivasi belum juga muncul selama tiga hari sejak pendaftaran akun e-billing, sobat bisa melakukan registrasi ulang di sse.pajak.go.id . Registrasi ulang baru bisa dilakukan lagi setelah 3 hari sejak proses pendaftaran, selama belum diaktivasi.

 

Error #3 Link aktivasi bermasalah. 

Link aktivasi error ketika di klik sehingga tidak bisa digunakan untuk aktivasi akun e-billing sse.pajak.go.id.

Penyebabnya : terjadi kesalahan sistem ketika mengirimkan link aktivasi akun ATAU link aktivasi yang masuk ke email tidak di klik setelah lewat dari 3 hari. Perlu diketahui, link aktivasi yang dikirimkan hanya berlaku dalam jangka waktu 3 hari sejak registrasi. Jika link aktivasi tersebut tidak di eksekusi/diklik dalam jangka waktu tiga hari, maka link aktivasi tidak bisa digunakan untuk mengaktifkan akun sse.pajak.go.id

Solusi : sobat bisa melakukan registrasi ulang akun e-billing di sse.pajak.go.id. Jangan lupa untuk  membuka email yang dimasukan saat pendaftaran untuk mengklik link aktivasi yang dikirimkan.

 

Error #4 Muncul pesan data tidak ditemukan saat klik link aktivasi akun e-billing di email.

Penyebabnya adalah sobat mengklik dua kali (double click) link aktivasi yang diberikan.

cara mengatasinya, sobat bisa langsung log in di sse.pajak.go.id dengan menggunakan NPWP dan PIN yang sudah dikirimkan ke email.

 

Error #5 cara mengubah alamat email yang didaftarkan di e-billing.

Mungkin sobat memasukan email yang sudah tidak aktif lagi, email tidak bisa di akses karena lupa password, atau email memang tidak bisa digunakan sama sekali.

Solusinya :

  • Jika belum melakukan aktivasi, sobat bisa menghubungi call center e-billing di nomor (021) 52903801 s.d 52903808 untuk meminta penggantian email secara langsung oleh petugas apabila masih dalam jangka waktu 3 hari sejak pendaftaran akun e-billing
  • Belum melakukan aktivasi lebih dari 3 hari sejak registrasi. Lakukan pendaftaran ulang akun e-billing di sse.pajak.go.id. Masukan data-data sobat secara benar termasuk email yang masih aktif dan bisa diakses.
  • Jika sudah melakukan aktivasi, sobat harus lapor ke Kantor Pajak terdaftar untuk permohonan penggantian email e-billing  sse.pajak.go.id.

 

Error #6 Wajib Pajak merasa belum pernah melakukan pendaftaran akun e-billing di sse.pajak.go.id namun ternyata data pendaftaran sudah ada dan sudah di aktivasi.

penyebabnya bisa jadi NPWP sudah didaftarkan oleh pihak lain seperti konsultan pajak, petugas Bank, kerabat, teman, pegawai yang sudah pindah atau resign tanpa disadari oleh pemilik NPWP yang bersangkutan.

Apabila masalah seperti ini terjadi, silahkan datang ke KPP (Kantor Pajak) terdaftar dan hubungi petugas terkait untuk mengajukan permohonan penggantian email akun e-billing sse.pajak.go.id.

 

Demikian masalah dan error yang sering muncul saat pendaftaran akun e-billing serta cara mengatasinya. Apabila terdapat error yang sobat alami tapi tidak disebutkan diatas, silahkan comment di halaman ini dan admin akan berusaha  semampu admin memberikan solusinya.

About adminsp

BACA JUGA

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Bagaimana cara melakukan permintaan nomor seri faktur pajak (NSFP) ? Mungkin pertanyaan ini sering ditanyakan oleh wajib pajak …

tinggalkan komentar