BERANDA / e-FILING / Panduan eFiling SPT Tahunan 1770SS

Panduan eFiling SPT Tahunan 1770SS

efiling SPT Tahunan 1770SS| Halo sobat seantero bangsa, gak terasa udah musim kembang api tahun baru… Tandanya bentar lagi mau tutup tahun. Berarti, Saatnya kita siap-siap lapor SPT Tahunan !!

Sekarang ini Direktorat Jenderal Pajak makin kece !! Wajib Pajak yang ingin lapor SPT Tahunan, lewat online saja. Ga perlu antri panas-panasan di kantor pajak atau repot sana-sini  cuma buat ngisi fomulir dan lapor SPT Tahunan.

Sekarang cukup bermodalkan internet dan bukti potong sobat sudah bisa lapor SPT Tahunan.

Melalui efiling SPT Tahunan sobat sudah bisa menikmati layanan melapor SPT Tahunan online dari mana saja dan kapan saja. Silahkan klik artikel ini : Mudahnya Pelaporan Pajak Melalui e-Filing.

Layanan efiling SPT Tahunan dapat diakses melalui DJP online. Sebelum masuk ke layanan efiling SPT Tahunan, sobat diharuskan untuk mendaftar akun dulu pada laman djp online berikut ini https://djponline.pajak.go.id/account/login.

Kalau sobat belum paham cara registrasi akun di djp online, sobat dapat membaca artikel tentang panduan registrasi akun djp online pada link berikut ini : Panduan Registrasi Akun di DJP Online 

Selanjutnya kita akan belajar tata cara menggunakan efiling untuk lapor SPT Tahunan online.

Artikel ini akan membahas petunjuk pengisian efiling SPT Tahunan untuk wajib pajak yang menggunakan formulir 1770SS.

Caranya cukup sederhana, silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini.

 

Petunjuk pengisian efiling SPT Tahunan 1770SS

Simulasi Pengisian efiling SPT Tahunan dibawah ini khusus untuk Wajib Pajak yang menggunakan formulir 1770SS

Okay sobat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kali ini kita akan membahas bagaimana cara melapor SPT Tahunan 1770SS melalui efiling.

Formulir SPT Tahunan 1770SS digunakan untuk wajib pajak pribadi PNS, Karyawan Swasta, Pegawai Swasta yang hanya menerima penghasilan dari satu pemberi pemberi kerja dan penghasilan brutonya dibawah Rp 60 juta  dalam setahunan

 

Gambar : Proses eFiling SPT Tahunan

efiling SPT Tahunan 1770SS
Tata Cara e-filing

 

Berikut panduan pengisian efiling SPT Tahunan 1770SS :

  1. Silahkan buka djponline.pajak.go.id, selanjutnya masukkan NPWP dan password lalu klik “log in” . Kalau belum punya akun djponline, sobat harus mengaktivasi efin terlebih dahulu di kantor pajak, dan selanjutnya mendaftar akun di djponline.pajak.go.id. Silahkan baca artikel berikut : Cara mendapatkan efin pajak untuk NPWP pribadi  dan Cara registrasi akun di djp online  

     

    Cara Melapor SPT Tahunan 1770SS Melalui e-Filing
    klik menu log in

     

     

     

  2. Setelah berhasil masuk ke djp online sobat akan melihat beberapa layanan pajak online. Untuk melapor SPT Tahunan secara online pilih menu layanan eFiling dan dilanjutkan dengan mengklik menu Buat SPT  

     

    Cara Melapor SPT Tahunan 1770SS Melalui e-Filing
    pilih menu e-filing

     


  3. Sobat akan melihat formulir SPT elektronik seperti gambar dibawah ini. Yang perlu sobat lakukan adalah mengisi formulir secara lengkap dan benar dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. 

     

    Cara Melapor SPT Tahunan 1770SS Melalui e-Filing
    Isi kolom dan jangan lupa untuk memperhatikan panduan yang diberikan

     

     

     

  4. Isi tahun pajak, status SPT, dan status pembetulan. Pembetulan-1 dan seterusnya diisi apabila sobat ingin memperbaiki SPT Tahunan yang sudah pernah dilapor. Kalau untuk melaporkan SPT tahunan yang belum pernah dilapor, silahkan pilih Normal pada kolom status SPT. 

     

    Cara Melapor SPT Tahunan 1770SS Melalui e-Filing
    isi tahun pajak, status spt, dan status pembetulan

     

     

     

  5. Isi Bagian A : Pajak Penghasilan. Data pajak penghasilan diisi sesuai degan bukti potong yang dikeluarkan oleh bendahara atau pemberi kerja. untuk PNS menggunakan bukti potong 1721-A2 sementara untuk karyawan dan pegawai swasta menggunakan bukti potong 1721-A1. Jika tidak punya bukti potong, silahkan isi penghasilan Bruto sobat dalam setahun berdasarkan keadaan yang sebenarnya. Karena penghasilan bruto kurang dari Rp 60 juta dalam setahun tidak wajib melampirkan bukti potong. 

     

    Cara Melapor SPT Tahunan 1770SS Melalui e-Filing
    Masukan data Pajak Penghasilan sesuai dengan Bukti Potong yang diterima

     

     

     

  6. Isi Bagian B : Pajak Penghasilan. Bagian ini diisi untuk penghasilan yang dikenai PPh Final dan Penghasilan yang tidak kenai pajak (bukan objek pajak). Kalau tidak ada, kosongkan saja. 

     

    Cara Melapor SPT Tahunan 1770SS Melalui e-Filing
    Isi bagian objek pajak yang merupakan penghasilan yang telah dikenakan pajak final dan bukan objek pajak

     

     

     

  7. Isi Bagian C : Daftar Harta dan Kewajiban dilanjutkan pernyataan pada Bagian D. Kolom harta diisi semua harta yang dimiliki per 31 Desember pada tahun pajak yang bersangkutan. Jumlahkan semua harta yang dimiliki kemudian isikan jumlah harta keseluruhan tersebut dikolom harta. Kolom kewajiban juga seperti itu, isikan saldo kewajiban atau hutang per 31 Desember Tahun pajak yang bersangkutan.  Baca dengan seksama kolom pernyataan kemudian centang kolom setuju. 

     

    Cara Melapor SPT Tahunan 1770SS Melalui e-Filing
    Centang Kolom Persetujuan

     

     

     

  8. Selanjutkan, sobat akan melihat Ringksan SPT dan Pengambilan kode verifikasi. Jika terdapat kesalahan, sobat masih bisa memperbaiki isian SPT Tahunan tersebut. Jika sudah yakin, [1] silahkan sobat klik ” Ambil kode verifikasi [di sini]” seperti pada gambar. [2] Kode verifikasi dapat dikirimkan melalui nomor handphone atau email. Untuk memastikan kode verifikasi agar dapat diterima oleh sobat, sebelum mengisi SPT Tahunan online, ada baiknya mengupdate profil pada menu profil. Isikan email dan nomor handphone yang valid. [3] Buka email sobat ataupun sms dari djp online. [4] Masukan kode verifikasi yang dikirimkan pada kolom Kode Verifikasi.  Jika sudah, klik ” Kirim SPT ” 

     

    Cara Melapor SPT Tahunan 1770SS Melalui e-Filing
    Ringkasan SPT dan ambil kode verifikasi

     

     

     

  9. Jika sobat menerima email dari [email protected] berupa Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) berarti sobat telah berhasil menyampaikan SPT Tahunan secara online melalui efiling. Bukti penerimaan Elektronik (BPE) dan SPT Tahunan yang sudah pernah dilaporkan secara online juga bisa dilihat pada menu efiling di djp online. 

     

    Cara Melapor SPT Tahunan 1770SS Melalui e-Filing
    Bukti Penerimaan Elektronik

     

     

     

  10. Jangan khawatir, sobat masih bisa melakukan perbaikan atas SPT yang sudah pernah dilaporkan walaupun sudah menerima tanda terima pelaporan.

About adminsp

BACA JUGA

cara mengajukan permohonan kode aktivasi dan password nomor seri faktur pajak

Cara Mengajukan Permohonan Kode Aktivasi dan Password

Kode Aktivasi dan Password – Setiap Pengusaha Kena Pajak atau yang sering disebut sebagai PKP wajib …

tinggalkan komentar