BERANDA / E-BILLING / EFIN PAJAK | EDISI NPWP BADAN

EFIN PAJAK | EDISI NPWP BADAN

Cara Aktivasi Efin Pajak untuk Badan

efin pajak untuk NPWP Badan– Untuk wajib badan yang ingin lapor SPT secara online ataupun ingin membuat kode billing secara online di DJP online harus mengaktifkan nomor efinnya terlebih dahulu. Aktivasi efin badan dilakukan sebanyak dua kali. aktivasi pertama dilakukan di kantor pajak dengan cara mengajukan permohonan aktivasi efin pajak badan, yang kedua dilakukan secara online melalui djp online saat registrasi akun.

Kali ini admin akan membahas bagaimana cara aktivasi efin pajak NPWP Badan pertama kali di kantor pajak. Untuk mengaktifkan efin pajak secara online bisa dilihat pada artikel : Cara membuat kode billing pajak secara online. untuk mengaktifkan efin bagi NPWP pribadi bisa di cek  pada artikel ini : Cara Mengaktifkan Efin NPWP Pribadi

 

 

Cara Aktivasi efin Pajak untuk NPWP Badan
sumber foto : Google.com

 

 

Badan Pusat

Permohonan aktivasi efin pajak untuk Wajib Pajak badan diajukan ke kantor pajak terdaftar yang menerbitkan NPWP badan. Syarat dan ketentuan bagi Wajib Pajak Badan Pusat  yang ingin mengajukan Permohonan Aktivasi efin Pajak adalah sebagai berikut :

  1. Untuk Wajib Pajak Badan, yang melakukan Permohonan Aktivasi efin adalah pengurus dari Badan tersebut yang ditunjuk untuk melakukan hak dan kewajiban perpajakannya.
  2. Pengurus tersebut  mengisi, menandatangani dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN dengan mendatangi secara langsung KPP tempat Wajib Pajak Badan terdaftar.
  3. Pada saat menyampaikan Permohonan Aktivasi efin, Pengurus harus menunjukkan asli dan menyerahkan fotokopi dokumen berupa:
    1. Surat penunjukan pengurus yang bersangkutan untuk mewakili badan dalam rangka menjalankan hak dan kewajiban perpajakan badan
    2. identitas diri berupa
      1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi Warga Negara Indonesia, atau
      2. Paspor dan Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) dalam hal pemohon adalah Warga Negara Asing
    3. Kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atas nama pengurus yang bersangkutan
    4. Kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atas nama badan
    5. Pemohon juga harus mencamtumkan alamat email aktif dan nomor handphone pada Formulir Permohonan Aktivasi EFIN. Perlu diperhatikan, alamat email dan nomor handphone tersebut, tidak dapat digunakan jika sudah pernah digunakan oleh pihak lain dalam melakukan  Permohonan Aktivasi EFIN. Jadi, pastikan bahwa email dan nomor handphone yang sobat cantumkan dalam Formulir Permohonan Aktivasi EFIN sama sekali belum pernah digunakan untuk mengajukan  Permohonan Aktivasi EFIN.

 

 

Badan Cabang

Syarat dan Ketentuan  bagi Wajib Pajak Badan yang merupakan kantor cabang  yang ingin mengajukan Permohonan Aktivasi efin pajak adalah sebagai berikut :

  1. Untuk Wajib Pajak Badan yang merupakan kantor cabang, yang melakukan Permohonan Aktivasi efin adalah pimpinan dari kantor cabang tersebut yang ditunjuk untuk melakukan hak dan kewajiban perpajakannya.
  2. Pimpinan kantor cabang  mengisi, menandatangani dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN dengan mendatangi secara langsung KPP tempat Wajib Pajak Badan Cabang terdaftar.
  3. Pada saat menyampaikan Permohonan Aktivasi EFIN, pimpinan kantor cabang harus menunjukkan asli dan menyerahkan fotokopi dokumen berupa:
    1. Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang
    2. Surat penunjukan pimpinan kantor cabang sebagai pengurus yang mewakili badan dalam rangka menjalankan hak dan kewajiban perpajakan badan
    3. identitas diri berupa
      1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi Warga Negara Indonesia, atau
      2. Paspor dan Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) dalam hal pemohon adalah Warga Negara Asing
    4. Kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atas nama pimpinan kantor cabang yang bersangkutan
    5. Kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atas nama badan kantor cabang
    6. Pemohon juga harus mencamtumkan alamat email aktif dan nomor handphone pada Formulir Permohonan Aktivasi EFIN. Perlu diperhatikan, alamat email dan nomor handphone tersebut, tidak dapat digunakan jika sudah pernah digunakan oleh pihak lain dalam melakukan  Permohonan Aktivasi EFIN. Jadi, pastikan bahwa email dan nomor handphone yang sobat cantumkan dalam Formulir Permohonan Aktivasi EFIN sama sekali belum pernah digunakan untuk mengajukan  Permohonan Aktivasi EFIN.

 

Jangka Waktu dan Biaya

Permohonan aktivasi efin pajak Badan diselesaikan pada saat itu juga saat permohonan sudah lengkap dan diterima oleh petugas khusus efin pajak. Dan tidak ada biaya yang dipungut dalam permohonan aktivasi efin ini.

About adminsp

BACA JUGA

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Bagaimana cara melakukan permintaan nomor seri faktur pajak (NSFP) ? Mungkin pertanyaan ini sering ditanyakan oleh wajib pajak …

tinggalkan komentar