BERANDA / E-BILLING / Daftar kode error e-billing pajak dan cara mengatasinya

Daftar kode error e-billing pajak dan cara mengatasinya

cara mengatasi error e-billing pajak – Sekarang zamannya serba internet. Hampir semua administrasi dan transaksi bisa dilakukan secara online termasuk membayar pajak. Kemajuan teknologi dimanfaatkan oleh DJP untuk memberikan pelayanan terbaik bagi Wajib Pajak yang ingin membayar pajak.

Kalau dulu kita bayar pajak menggunakan Surat Setoran Pajak (SSP). Kalau sekarang, mau bayar pajak menggunakan Surat Setoran Pajak Elektronik yang menggunakan ID Billing pajak, atau sering disebut dengan e-billing pajak.

Sebelum membayar pajak, wajib pajak harus menyiapkan kode billing pajak terlebih dahulu. Cara membuat kode billing pajak bisa dari internet (secara online) di djp online.pajak.go.id, bisa juga via SMS di *141*500#, bisa juga memperoleh kode billing di kantor pajak.

 

datar kode error e-billing pajak
kode error di djp online

 

Daftar kode error e-billing pajak

khusus untuk pembuatan e-billing pajak secara online melalui internet, kadang kala wajib pajak sering menemukan masalah error saat menggunakan djponline.pajak.go.id. Berikut akan dijelaskan kode error e-billing pajak yang sering terjadi di djp online dan cara mengatasinya :

  • Kode error REG001 NPWP tidak terdaftar. penyebab : NPWP tidak terdaftar di database DJP, atau web service master file ‘‘Serivce Out Of Service”. solusi : pertama silahkan tunggu beberapa saat dan coba lagi untuk registrasi di DJP online. Kalau masih tidak bisa, silahkan daftar NPWP baru.

 

  • Kode error REG002 NPWP Non Efektif. penyebab : NPWP berstatus non efektif (NE). solusi : datang ke kantor pajak terdaftar untuk mengaktifkan NPWP.

 

  • Kode error REG003 NPWP DE. penyebab : NPWP berstatus Delete/Hapus (DE). solusi : silahkan melakukan pendaftaran NPWP baru.

 

  • Kode error REG005 Efin tidak ditemukan. penyebab : Wajib Pajak belum punya Efin. Solusi : silahkan datang ke kantor pajak untuk memperoleh efin.

 

  • Kode error REG006 Efin belum diaktivasi. penyebab : Wajib Pajak belum mengaktifkan efin. Solusi : silahkan datang kekantor pajak untuk mengajukan permohonan aktivasi efin.

 

  • Kode error REG029 Aktivasi tidak berhasil. penyebab : kegagalan pendaftaran di MPN biller silahkan hubungi kring pajak di 1500200 atau hubungi call center e-billing pajak di  (021) 52903801 s.d 52903808

 

  • Kode error REG029A Aktivasi tidak berhasil. penyebab : kegagalan membuat koneksi ke MPN biller. solusi : sobat dapat menghubungi kring pajak di 1500200 atau hubungi call center e-billing pajak di  (021) 52903801 s.d 52903808

 

  • Kode error SO001 NPWP tidak ditemukan. penyebab : NPWP tidak terdaftar di database DJP, atau web service master file ”Serivce Out Of Service“. solusi : pertama silahkan tunggu beberapa saat dan coba lagi untuk registrasi di djp online. Kalau masih tidak bisa, silahkan daftar NPWP baru.

 

  • Kode error SO002 Data pengguna tidak ditemukan. penyebab : Wajib Pajak belum melakukan registrasi di DJP online. solusi : melakukan registrasi akun di djponline.pajak.go.id. akses djponline.pajak.go.id kemudian di halaman depan djp online, klik “Anda belum terdaftar ? daftar disini”

 

kode error di djponline
registrasi akun djp online

 

 

  • Kode error SO003 Password tidak sesuai. penyebab :  sobat salah memasukan password. solusi : ingat kembali password sobat, kalau masih tidak ingat juga silahkan reset password sobat. Caranya, buka djponline.pajak.go.id kemudian pada halaman depan DJP online, klik “lupa password ? reset disini”. Siapkan efin untuk melakukan reset password DJP online.

 

error di djponline
cara reset password djp online

 

 

  • Kode error SO004 Pengguna belum aktif. penyebab : wajib pajak belum mengklik link aktivasi di email. solusi : buka email yang sobat daftarkan di djponline.pajak.go.id, lalu buka inbox email dan  klik link aktivasi akun djp online. Jika sudah registrasi akun djp online tapi belum mendapatkan link aktivasi, silahkan kirim ulang link aktivasi dengan cara : buka website djponline.pajak.go.id kemudian pada halaman log in djp online, klik “Belum menerima link aktivasi ? klik disini” dan ikuti petunjuk yang diberikan.

 

error di djponline
kirim ulang link aktivasi akun djp online

 

 

  • Kode error SO005 email sudah digunakan. penyebab : proses login dari user SSE yang dimigrasikan. solusi : lakukan reset pasword dan ubah email. cara mengubah email akun ebilling di djp online adalah, buka website djponline.pajak.go.id kemudian pada halam depan login djp online, klik “lupa password ? reset disini”. Selanjutnya, ubah email lama dengan email baru yang aktif.

 

 

error di djponline
cara reset password djp online

 

 

  • Kode error SO006 kegagalan autentikasi

 

  • Kode error SO007 Invalid Credential. penyebab : NPWP tidak diinput secara lengkap, atau tidak mengisi password. solusi : input ulang NPWP dengan lengkap (15 digit tanpa tanda baca, hanya angkanya saja) dan masukan password dengan lengkap dan benar.

About adminsp

BACA JUGA

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Bagaimana cara melakukan permintaan nomor seri faktur pajak (NSFP) ? Mungkin pertanyaan ini sering ditanyakan oleh wajib pajak …

36 KOMENTAR

  1. kode error REG007, gemana solusinya??

  2. Monika Sebentina

    Kode error SO006 kegagalan autentikasi kalau eror gini masalah nya apa ya pak . solusinya bagaimana

  3. kode error REG007, dengan pesan 95:system error: processing code not valid..
    bagaimana solusinya ya??

    • halo mas Rolex, untuk kesalahan tersebut mas Ristan silahkan log out dan ulangi proses pembuatan kode billingnya dari awal lagi, semoga kali ini berhasil. atau lebih mudahnya silahkan buat kode billing di https://sse3.pajak.go.id/ ga perlu pakai efin. cukup daftar pakai pin (bebas) lagsung buat kode billingnya, pokoknya top markotop

  4. sudah menyelesaikan semua pada spt 1770s tapi kembali ke awal. tidak ada bukti bahwa sudah selesai, mendapatkan token pun tidak ada. mohon solusinya? terima kasih

  5. sy sudah pernah menggunakan e billing tahun lalu
    tahun ini saat mau login lupa password, tpi ketika sy masukan npwp dikatakan
    REG021 NPWP tidak ditemukan
    mohon solusi? termakasih

    • Halo sobat wulan,
      hal tersebut terjadi kemungkinan NPWP yang diiput salah ketik (typo) atau NPWPnya yang mbak pegang salah, atau terhapus. untuk mengetahuinya, mbak Wulan bisa datang ke kantor pajak terdekat untuk memperoleh NPWP yang benar dan sesuai.
      terimakasih

  6. Mohon bantuannya, saya waktu mau submit E-form selalu keluar error message “Gagal Aktivasi Wajib Pajak”, padahal saya sudah masukkan Token sesuai yg dikirim ke alamat email saya.

    • Halo mas yoyok,
      bisa jadi karena link aktivasi sudah daluarsa. silahkan ulangi lagi (kirim ulang link aktivasi), atau bisa jadi trafic lagi padat.

      • saya sudah meminta kode verifikasi lagi, tetapi kode verifikasinya sama dengan yang sebelumnya, dan keterangan yang muncul saat saya submit tetap “Gagal Aktivasi Wajib Pajak”

        • halo mas ek\ro 🙂
          silahkan kirim ulang link aktivasi dengan cara : buka website djponline.pajak.go.id kemudian pada halaman log in djp online, klik “Belum menerima link aktivasi ? klik disini” dan ikuti petunjuk yang diberikan.

          atau mas ero juga bisa membuat kode billing sendiri secara online melalui aplikasi yang lebih mudah dan sederhana dengan mengakses sse3.pajak.go.id

          • Hari ini saya juga mendapatkan error yg sama persis, dan petugas di KPP Cilandak masih blm bisa menemukan solusinya.
            Termasuk solusi yg diatas sdh dicoba, tdk berhasil.
            Jadi belum bisa submit e-Form

          • halo mas danny,
            bisa jadi status NPWPnya hapus atau non efektif, atau bisa jga disebabkan efinnya belum diaktivasi oleh kantor pajak

  7. null
    invalid_token

    error ny begini kak, dan ini sudah sering, bagaimana solusi nya?

  8. Pesan Kesalahan : REG007
    98 : System Error: DB not available. Itu Kenapa

  9. Dear Admin kalau Gagal saat pembuatan ID Billing pesan kesalah REG007 98:system Error: DB not available

  10. Kode gambar ada warna hitam dan merah
    .. yang mana yg di ketik

tinggalkan komentar