BERANDA / NPWP / Cara Mengajukan Permohonan Perubahan Data NPWP Pribadi

Cara Mengajukan Permohonan Perubahan Data NPWP Pribadi

Cara Merubah Data NPWP Pribadi 

Bagaimana cara merubah data NPWP Pribadi ?Perubahan data NPWP Pribadi dilakukan apabila data yang sesungguhnya berbeda dengan data NPWP yang terdaftar di database Direktorat Jenderal Pajak.

 

 

cara merubah data NPWP Pribadi
sumber foto : Google.com

 

Perubahan data NPWP  Pribadi dilakukan apabila terjadi :

  1. Kesalahan penulisan identitas, atau perubahan identitas (meliputi perubahan Nama, Tempat tangga lahir, Nomor Induk Kependudukan/NIK). Identitas yang terdaftar di NPWP harus sama dengan Identitas yang tertera pada KTP. Apabila berbeda, maka harus dilakukan perubahan data dengan mengikuti Identitas yang tertera di KTP. Kalau Identitas di KTP juga salah, maka sebelum melakukan perubahan Identitas di NPWP, Identitas di KTP harus diubah terlebih dahulu di kantor catatan sipil. Kalau Identitas di KTP sudah berubah, baru bisa mengajukan permohonan perubahan Identitas di NPWP dengan melampirkan fotocopy KTP yang sudah diupdate datanya.
  2. Kesalahan penulisan alamat, atau perubahan alamat tempat tinggal atau tempat kedudukan, sehingga sobat ingin merubah alamat NPWP yang tertera di kartu NPWP. Perubahan alamat di NPWP bisa diproses Kantor Pajak (KPP) yang mengeluarkan NPWP selama alamat tersebut masih dalam wilayah kerja KPP tersebut.
  3. Perubahan Kategori Wajib Pajak Orang Pribadi. Misalnya perubahan dari wajib pajak orang pribadi karyawan menjadi wajib pajak orang pribadi usahawan.
  4. Perubahan pekerjaan. Misalnya perubahan pekerjaan yang semula karyawan swasta, menjadi PNS. Perubahan pekerjaan yang semula wiraswasta menjadi pegawai swasta, dan lainnya.
  5. Perubahan nomor telepon/nomor HP atau email.

 

Cara Merubah Data NPWP dan Syaratnya

Merubah data NPWP harus menggunakan Formulir Perubahan Data NPWP. Permohonan perubahan data NPWP harus disertai dokumen pendukung yang merupakan syarat untuk merubah data NPWP. Syarat permohonan perubahan data NPWP tergantung dari alasan perubahan data itu sendiri. Dokumen yang dilampirkan adalah dokumen yang dapat membuktikan perubahan data tersebut.

  1. Syarat Perubahan data identitas diri di NPWP (Perubahan nama, tempat tanggal lahir, NIK ) : Fotocopy identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk terbaru dan masih berlaku.
  2. Syarat Perubahan data alamat di NPWP : Fotocopy identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk terbaru dan masih berlaku. Apabila alamat tempat tinggal sekarang berbeda dengan alamat KTP, maka harus melampirkan dokumen tambahan berupa Surat Keterangan Domisili yang menyatakan alamat tempat tinggal sekarang. Surat Keterangan Domisili dikeluarkan oleh pejabat daerah setempat : Kepala Lurah, Kepala Desa.
  3. Perubahan kategori wajib pajak dan perubahan pekerjaan di NPWP : apabila pekerjaan yang sekarang adalah pegawai swasta atau karyawan swasta maka harus melampirkan surat keterangan sebagai pegawai dari tempat bekerja, Jika Pekerjaan yang sekarang adalah wiraswasta atau usahawan maka harus melampirkan fotocopy izin usaha yang dikeluarkan instansi berwenang atau surat keterangan usaha dari kepala desa atau kepala lurah, jika pekerjaan sekarang adalah PNS maka harus melampirkan surat keterangan dari instansi tempat bekerja atau SK PNS.

 

 

Proses Pengajuan Perubahan Data NPWP

Permohonan perubahan data NPWP diajukan secara langsung ke kantor pajak terdaftar dengan mengisi formulir perubahan data dan melampirkan dokumen pendukung. Kantor Pajak terdaftar adalah kantor pajak yang menerbitkan NPWP tersebut.

Setelah berkas permohonan lengkap, maka petugas akan menerbitkan tanda terima permohonan. Selanjutnya petugas akan melakukan perubahan data. Setelah data NPWP diubah, petugas akan memberikan surat pemberitahuan perubahan data, Surat Keterangan Terdadtar (SKT) yang baru, dan kartu NPWP yang baru. untuk SKT dan NPWP akan dikirimkan ke alamat pemohon melalui pos untuk memastikan kebenaran alamat tempat tinggal pemohon.

 

Jangka Waktu dan Biaya Perubahan Data NPWP

Jangka waktu perubahan data NPWP adalah paling lambat satu hari kerja setelah permohonan diterima secara lengkap oleh petugas NPWP. Biaya permohonan perubahan data NPWP Gratis !

 

Demikian tutorial bagaimana cara merubah data NPWP Pribadi. Apabila sobat ingin tahu bagaimana cara merubah data NPWP Badan, silahkan baca di : CARA MENGAJUKAN PERUBAHAN DATA NPWP BADAN

About adminsp

BACA JUGA

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Bagaimana cara melakukan permintaan nomor seri faktur pajak (NSFP) ? Mungkin pertanyaan ini sering ditanyakan oleh wajib pajak …

tinggalkan komentar