BERANDA / NPWP / Cara Mengajukan Perubahan Data NPWP Badan

Cara Mengajukan Perubahan Data NPWP Badan

Apabila data NPWP Badan sudah tidak sesuai lagi dengan data yang sesungguhnya, maka Wajib Pajak harus merubah data NPWP. Bagaimana cara merubah data NPWP Badan ?. Wajib Pajak Badan hanya dapat merubah data NPWPnya dikantor pajak yang menerbitkan kartu NPWP. Perubahan data NPWP Badan meliputi :

  1. Merubah alamat NPWP. Meliputi Kedudukan Badan selama alamat tersebut masih dalam satu wilayah kerja Kantor Pajak yang menerbitkan NPWP. Kalau alamat yang baru berada diluar wilayah kerja Kantor Pajak yang menerbitkan NPWP maka, tidak bisa dilakukan perubahan data. Yang harus dilakukan adalah mengajukan permohonan pemindahan Wajib Pajak.
  2. Perubahan pengurus badan, termasuk perubahan direktur dan susunan pengurus.
  3. Perubahan permodalan atau kepemilikan Wajib Pajak badan tanpa perubahan bentuk badan seperti PT ALAM JAYA semula status permodalannya sebagai Penanaman Modal Dalam Negeri berubah menjadi PT ALAM JAYA dengan permodalan sebagai Penanaman Modal Asing.
  4. Perubahan nomor telepon badan dan email badan
  5. Perubahan identitas Wajib Pajak badan tanpa perubahan bentuk badan seperti contoh berikut : CV MAJU JAYA berubah namanya menjadi CV TANJUNG JAYA  atau PT ABADI SENTOSA berubah nama menjadi PT  SUKSES JAYA.  Apabila terjadi perubahan bentuk badan, seperti contoh berikut ini : CV MAJU JAYA berubah menjadi PT MAJU JAYA, maka perubahan data tidak dapat dilakukan. Karena, CV MAJU JAYA dan PT MAJU JAYA merupakan dua badan hukum yang berbeda dan dianggap sebagai Subjek Pajak yang berbeda juga.

 

Cara Merubah Data NPWP Badan
sumber foto : Google.com

 

 

Cara merubah data NPWP Badan dan Syaratnya

Permohonan perubahan data NPWP Badan harus menggunakan formulir permohonan perubahan data. Formulir perubahan data NPWP Badan bisa didownload di SINI. Formulir permohonan data Wajib Pajak Badan harus dilampiri dengan dokumen pendukung yang membuktikan kebenaran perubahan data NPWP Badan tersebut. Khusus untuk Wajib Pajak Badan, Dokumen yang disyaratkan untuk merubah data NPWP Badan adalah Akta Perubahan Badan.

Perubahan data NPWP harus didahului dengan mengubah data di akta pendirian. Wajib Pajak Badan yang ingin dirubah data NPWPnya harus melapirkan akte perubahan tersebut. Berdasarkan Akta Perubahan Badan, Petugas NPWP akan melakukan update data NPWP sesuai dengan formulir perubahan data dan Akta Perubahan Badan.

Apabila Badan tidak memiliki akte pendirian, maka dokumen yang harus dilampirkan untuk mengajukan permohonan perubahan data adalah dokumen yang dapat membuktikan kebenaran perubahan data tersebut. Dokumen yang dimaksud adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang.

 

Jangka waktu dan Biaya permohonan perubahan data NPWP Badan

Formulir perubahan data NPWP Badan dan lampirannya harus diserahkan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang menerbitkan NPWP tersebut. Jangka waktu permohonan perubahan data NPWP Badan adalah satu hari kerja setelah berkas permohonan lengkap dan diterima oleh petugas NPWP. Setelah data NPWP selesai diubah, maka petugas akan memberikan Surat Pemberitahuan Perubahan Data NPWP, Surat Keterangan Terdaftar (SKT), dan Kartu NPWP. Untuk SKT dan NPWP akan disampaikan melalui Pos, untuk memastikan kebenaran alamat wajib pajak.

Biaya permohonan perubahan NPWP Badan adalah Rp 0 alias Gratis. Tidak dipungut biaya apapun dan sepeserpun !

 

Sekian tutorial mengenai cara merubah data NPWP Badan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Untuk tutorial merubah data NPWP pribadi, Silahkan baca artikel tentang Cara Merubah data NPWP Pribadi 

About adminsp

BACA JUGA

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Bagaimana cara melakukan permintaan nomor seri faktur pajak (NSFP) ? Mungkin pertanyaan ini sering ditanyakan oleh wajib pajak …

tinggalkan komentar