BERANDA / NPWP / Cara Membuat NPWP Online Terbaru

Cara Membuat NPWP Online Terbaru

Halo apa kabar pembaca setia ! kembali hadir bersama bang mimin disini. Seperti biasa, bang mimin akan membagikan informasi perpajakan. Kali ini bang mimin akan membagikan informasi bagaimana cara membuat NPWP online !.

Sobat yang mau Daftar NPWP sekarang sudah gampang. Kalau dulu mau daftar NPWP harus datang ke kantor pajak. Belum lagi repot antri dan isi formulir. Iya kalau syarat NPWPnya lengkap. Nah, kalau kurang ? makin panjang urusannya dan makan waktu.

Itu Dulu, kalau sekarang udah beda ceritanya. Sobat yang mau daftar NPWP cukup lewat internet saja. Melalui eRegistration NPWP, sobat sudah bisa membuat NPWP online !

Dengan membuat NPWP lewat internet, maka sobat tidak perlu repot – repot lagi datang ke kantor pajak untuk mendaftar NPWP. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) paham layanan apa yang dibutuhkan oleh Wajib Pajak.

Oleh sebab itu DJP memberi kemudahan layanan bagi Wajib Pajak yang ingin mendaftar NPWP. Cukup dengan koneksi internet, sobat sudah bisa membuat NPWP  sendiri secara online dimana saja dan kapan saja.

Untuk saat ini, layanan pembuatan NPWP secara online hanya bisa menerima pembuatan NPWP online untuk orang pribadi saja.

Untuk Wajib Pajak Badan yang ingin membuat NPWP, dapat mengajukan permohonan pembuatan NPWP dengan mendatangi kantor pajak. Silahkan lihat panduan cara mendaftar NPWP untuk Badan pada artikel berikut ini : Cara dan Syarat Pendaftaran NPWP Untuk Badan

Wajib Pajak Orang Pribadi yang ingin membuat NPWP via online bisa mengakses alamat ini https://ereg.pajak.go.id/

Selanjutnya sobat tinggal mengikuti langkah-langkah pembuatan NPWP online. Mau tahu cara membuat NPWP Online ? silahkan perhatikan baik – baik cara membuat NPWP online dibawah ini :

 

Cara Membuat NPWP online
sumber foto : google.com

 

Panduan cara membuat NPWP online

Dokumen yang harus disiapkan untuk proses pendaftaran NPWP secara online :

  • soft copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa hasil foto atau  hasil scan untuk diupload saat proses pendaftaran online. Foto atau hasil scan KTP harus jelas dan bisa dibaca.
  • Untuk Orang Pribadi wiraswasta, usahawan, atau yang memiliki pekerjaan bebas, harus menyertakan syarat tambahan berupa soft copy  SIUP atau Surat Keterangan Usaha bisa hasil foto atau hasil scan. Nanti SIUP atau Surat Keterangan Usaha ini juga akan diupload bersama KTP. Oleh Sebab itu foto atau hasil scan SIUP atau Surat Keterangan Usaha harus jelas dan dapat dibaca.
  • email untuk pendaftaran NPWP online. Email harus aktif, dan dapat diakses oleh pemohon.

Langkah – Langkah pembuatan NPWP online :

 

1. Membuat akun eRegistrasi NPWP

Akses https://ereg.pajak.go.id/ dan klik tulisan “DAFTAR untuk mendaftar”.

Ikuti langkah-langkah pendaftaran akun registrasi NPWP online sampai selesai. Isi kolom pendaftaran akun dengan benar dan lengkap termasuk kode captcha yang muncul.

Dan jangan lupa untuk memasukan alamat email yang masih aktif dan bisa diakses. Apabila sobat salah memasukan email, atau alamat email tidak bisa diakses, proses pendaftaran akun registrasi NPWP online akan terhambat.

 

2. Buka Email

Setelah pendaftaran akun selesai, maka selanjutnya buka email yang telah didaftarkan pada proses sebelumnya (proses pendaftaran akun registrasi NPWP online).

Jika alamat email yang dimasukan benar, maka sobat akan menerima email pemberitahuan yang berisi link aktivasi akun registrasi NPWP online. Klik link tersebut.

 

3. Mengisi data pribadi

Setelah itu, untuk melengkapi proses pendaftaran akun, sobat diminta untuk memasukan data-data pribadi. Tuliskan data-data pribadi sobat secara benar dan lengkap.

Ikuti petunjuk yang ada disebelah kanan layar dan sekali lagi, jangan sampai salah. Kalau data NPWP salah, sobat akan repot sendiri karena harus mengajukan permohonan perubahan data NPWP.

Siapkan juga foto KTP atau scan KTP yang terbaca jelas. Foto KTP atau Scan KTP akan diupload saat proses pengisian data pribadi. Apabila semua data pribadi sudah diisi dengan benar dan lengkap, silakan klik menu DAFTAR

 

4. Buka Email

Setelah mengklik menu DAFTAR, tahap selanjutnya adalah buka email sobat sekali lagi. Sobat akan menerima email pemberitahuan bahwa akun pendaftaran telah aktif dan dapat digunakan untuk log in di https://ereg.pajak.go.id/.

Klik link aktivasi yang ada di dalam email tersebut. Selanjutnya akan muncul pesan “Selamat….” dan “Klik disini untuk memulai pendftaran NPWP”. Klik pesan tersebut.

 

5. Mengisi formulir pendaftaran NPWP online

Berikutnya, secara otomatis sobat akan diarahkan ke halaman pendaftaran NPWP online. Isi setiap kolom yang disediakan dengan benar dan lengkap.

Kesalahan pengisian akan mengakibatkan data NPWP menjadi tidak benar. Baca setiap petunjuk yang ada. Dan isilah setiap kolom data pribadi menurut Kartu Tanda Penduduk sobat yang masih berlaku.

Pada proses pengisian data – data pribadi, sobat dapat memilih apakah dokumen kelengkapan pendaftaran NPWP dikirimkan ke kantor pelayanan pajak terdaftar atau diupload. Seperti pada penjelasan artikel di pajak.go.id ini : Mendaftarkan Diri Untuk Mendapatkan NPWP

Kalau sobat memilih untuk mengirimkan dokumen kelengkapan pendaftaran NPWP, maka dokumen tersebut harus diterima oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdaftar paling lama 14 hari kerja sejak permohonan NPWP secara online diterima oleh KPP.

Pengiriman dokumen yang disyaratkan tersebut harus menggunakan Surat Pengiriman Dokumen yang telah ditandatangani. Surat Pengiriman Dokumen kelengkapan pendaftaran NPWP online diunduh/didownload pada menu dashboard permohonan NPWP online.

Tapi, kalau sobat tidak mau repot – repot,  sobat dapat memilih untuk mengupload dokumen kelengkapannya sesuai petunjuk yang muncul. Saran saya sih upload saja dokumen kelengkapannya supaya cepat dan tidak repot.

Seperti yang telah disebutkan diawal, dokumen persyaratan NPWP online yang diupload adalah :

  • Untuk orang pribadi yang bekerja sebagai pegawai atau karyawan adalah : foto KTP atau hasil scan KTP yang jelas dan dapat dibaca.
  • Untuk orang pribadi yang bekerja sebagai wirasasata, usahawan atau pekerjaan bebas SIUP atau Surat Keterangan Usaha dan juga KTP.

Jika proses pengisian data – data pribadi dan upload dokumen telah selesai,  klik SIMPAN dan klik Ya pada menu konfirmasi pendaftaran.

 

6.  Minta Token dan Kirim Permohonan

Masuk ke menu dashboard NPWP online. Pada Menu ini sobat akan melihat Kantor Pajak yang akan memproses permohonan sobat, dan menu minta token serta kirim permohonan. Langkah berikutnya, klik MINTA TOKEN. 

masukkan kode captcha yang tampil di layar dan klik SUBMIT. Setelah itu, buka lagi email sobat dan lihat email  dari eRegistration NPWP yang baru masuk. Pada email itu sobat akan melihat kode tokennya.

Copy lah kode token tersebut. Kemudian, masuk lagi ke menu dashboard NPWP Online. Klik menu KIRIM PERMOHONAN dan paste kan kode token yang tadi kita copy ke kolom ISI TOKEN. 

Jangan lupa untuk mencentang semua kolom pernyataan yang ada. dan klik KIRIM.

 

7. Hubungi Kantor Pajak

Jangka waktu permohonan NPWP online adalah 14 hari setelah permohonan NPWP online diterima oleh kantor pelayanan pajak (KPP).

Agar permohonan NPWP cepat diproses, Sobat bisa menghubungi Kantor Pajak yang memproses permohonan NPWP online sobat.

Nomor telepon dan Nama Kantor Pajaknya dapat dilihat di menu dashboard NPWP online sobat.

Apabila sobat menghubungi Kantor Pajak yang memproses permohonan NPWP online sobat, maka panggilan sobat akan diarahakan ke Petugas NPWP di seksi pelayanan.

Petugas akan menanyakan nama pemohon dan nomor transaksi. nomor transaksi pendaftaran NPWP online dapat dilihat di menu dashboard NPWP online.

Jika permohonan telah disetujui, maka pemberitahuannya akan dikirimkan ke email sobat termasuk nomor NPWPnya.

Sedangkan kartu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) akan dikirimkan hari berikutnya melalui POS ke alamat yang tercantum di NPWP.

Bagaimana sobat sukapajak.com ? apakah sobat sudah paham bagaimana cara membuat NPWP Online ? Apabila sobat masih kurang paham juga cara membuat NPWP online, Sobat juga bisa melihat cara membuat NPWP online dilengkapi dengan petunjuk gambar pada artikel dibawah ini :

 

BAGAIMANA CARA DAFTAR NPWP SECARA ONLINE DILENGKAPI DENGAN GAMBAR

About adminsp

BACA JUGA

cara mengajukan permohonan kode aktivasi dan password nomor seri faktur pajak

Cara Mengajukan Permohonan Kode Aktivasi dan Password

Kode Aktivasi dan Password – Setiap Pengusaha Kena Pajak atau yang sering disebut sebagai PKP wajib …

tinggalkan komentar