BERANDA / NPWP / Cara Membuat NPWP Bagi Yang Belum Bekerja

Cara Membuat NPWP Bagi Yang Belum Bekerja

Cara Membuat NPWP Bagi Yang Belum Bekerja – Sebenarnya orang yang belum punya pekerjaan, belum punya penghasilan, atau yang masih mau melamar pekerjaan tidak diwajibkan punya NPWP. Karena ? yang diwajibkan punya NPWP itu adalah orang yang penghasilannya diatas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Tapi, dikondisi tertentu NPWP dibutuhkan untuk keperluan administrasi. Salah satu contohnya, NPWP dibutuhkan sebagai syarat untuk melamar pekerjaan.

 

 

Cara Membuat NPWP Bagi yang belum bekerja
Sumber foto : Google.com

 

Bagaimana Cara Membuat NPWP Bagi Yang Belum Bekerja ?

Belum punya pekerjaan, tapi ketika mau melamar pekerjaan yang diminta justru NPWP. Jadi bagaimana solusinya ? Nah, Salah satu solusinya adalah, sobat bisa mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP dengan status pekerjaan sebagai pegawai swasta walaupun sobat sebenarnya belum bekerja.

Kenapa harus pegawai swasta? Karena untuk memudahkan sobat dalam pelaporan SPT. Kalau sobat mendaftar NPWP dengan status pekerjaan sebagai wiraswasta atau usahawan padahal belum punya pekerjaan tetap,  maka akan merepotkan sobat. Repotnya saat melapor pajak. Usahawan dan wiraswasta punya kewajiban lapor SPT setiap bulan dan setahun sekali meskipun pajaknya nihil. Sementara pegawai swasta tidak punya kewajiban lapor pajak setiap bulan. Pegawai swasta hanya lapor pajak setahun sekali.

Tapi bisa juga dilihat dari niat ketika daftar NPWP. Apabila sobat ingin punya NPWP karena mau buka usaha, daftarlah NPWP dengan status pekerjaan sebagai wiraswasta atau usahawan. Dan, apabila sobat ingin punya NPWP karena mau melamar pekerjaan, daftarlah NPWP dengan status pekerjaan sebagai pegawai swasta.

 

 

Syarat pendaftaran NPWP bagi yang belum bekerja

Syarat pendaftaran NPWP untuk yang belum bekerja adalah :

  1. Formulir Pendaftaran NPWP orang pribadi
  2. Fotocopy identitas diri (Kartu Tanda Penduduk/KTP)
  3. Surat Keterangan dari pejabat daerah setempat (Kepala Desa/Kepala Lurah) yang isinya menyatakan pekerjaan pemohon sekarang.

Formulir bisa didowload di internet lalu diisi, atau juga bisa diminta ke kantor pajak.

Tapi, saran saya apabila sobat mau mendaftar NPWP pribadi tapi belum punya penghasilan, sebaiknya sebelum mendaftar sobat bisa mendatangi kantor pajak terdekat untuk meminta penjelasan. Karena, kantor pajak bisa menolak permohonan NPWP sobat dengan alasan pemohon tidak memenuhi syarat objektif untuk memperoleh NPWP. Syarat objektif tersebut adalah pemohon yang igin mendaftar NPWP harus sudah mempunyai penghasilan.

Atau solusi lain, bagi yang ingin punya NPWP tapi belum bekerja adalah mendaftar NPWP secara online. Cara untuk mendaftar NPWP secara online dengan mengakses website pendaftaran NPWP online di ereg-pajak https://ereg.pajak.go.id/. Syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar NPWP online adalah :

  • foto KTP atau scan KTP. Hasil foto atau scan harus jelas, dan dapat dibaca karena foto atau hasil scan KTP tersebut nantinya akan di upload saat proses pendaftaran NPWP online.
  • Email yang aktif dan dapat diproses.

Panduan lengkap cara mendaftar NPWP secara online dapat dilihat pada artikel ini : Cara daftar npwp online | lebih mudah dan cepat 

Sedikit saran, untuk yang belum punya pekerjaan atau belum punya penghasilan, saat mendaftar NPWP secara online, pekerjaan sebaiknya diisi pegawai swasta agar sobat tidak repot dalam pelaporan SPT.

Seandainya NPWP sudah terdaftar dan pekerjaan sobat di NPWP adalah sebagai pegawai swasta tapi pada kenyataannya sobat bekerja sebagai wiraswasta, usahawan, PNS ataupun pekerjaan lainnya selain pegawai swasta, sobat harus mengajukan perubahan data di NPWP.

Perubahan data dilakukan supaya pekerjaan sekarang dengan pekerjaan yang terdata di NPWP sesuai (sinkron). Perubahan data dilakukan di kantor pajak dengan membawa bukti yang mendukung pekerjaan sobat sekarang.

 

Bagaimana sobat ? apakah artikel kali ini tentang cara membuat NPWP bagi yang belum bekerja telah membantu sobat ? mudah-mudaha bisa membantu. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel berikutnya..

About adminsp

BACA JUGA

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Bagaimana cara melakukan permintaan nomor seri faktur pajak (NSFP) ? Mungkin pertanyaan ini sering ditanyakan oleh wajib pajak …

tinggalkan komentar