BERANDA / E-BILLING / Cara Membuat Kode Billing Pajak Via SMS Dengan Mudah

Cara Membuat Kode Billing Pajak Via SMS Dengan Mudah

Cara Membuat Kode Billing Pajak Via SMS, Mudah dan Cepat

cara membuat kode billing pajak via sms – Sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana cara membuat kode billing melalui internet. Kalau kalian belum baca silahkan klik aja membuat kode billing melalui internet. Okay, sekarang kita akan belajar cara membuat kode billing pajak via sms, atau yang sering dikenal dengan SMS ID BILLING. Tapi sebelum lanjut, pembuatan kode billing pajak via sms saat ini baru bisa dilakukan oleh  nomor dari operator Telkomsel.

 

cara membuat kode billing pajak via sms
cara membuat kode billing pajak dengan sms

nomor SMS ID BILLING PAJAK adalah *141*500# dan saat ini hanya untuk operator Telkomsel
 

 

 

Huhuhuhu, jangan sedih ya… semoga kedepannya layanan untuk membuat kode billing pajak via sms ini dapat dinikmati oleh pengguna operator lainnya.

Langsung saja ! ada dua cara membuat kode billing pajak via sms. Pertama adalah layanan pembuatan kode billing pajak melalui sms bagi pengguna terdaftar dan layanan pembuatan kode billing pajak melalui SMS bagi pengguna yang belum terdaftar.

Perbedaannya hanya terletak pada penginputan NPWP. Apabila sobat melakukan registrasi atau pendaftaran di *141*500# , maka sobat tidak perlu menginput NPWP lagi saat pembuatan kode billing selanjutnya. Sistem akan mebaca NPWP sobat dari nomor ponsel yang telah didaftarkan. Karena sobat telah terdaftar di layanan SMS ID BILLING *141*500# , sobat tidak bisa membuat kode billing untuk NPWP lain dengan nomor ponsel yang sama. Sobat hanya bisa membuat kode billing untuk NPWP yang telah didaftarkan saja.

Sebaliknya, apabila sobat memilih pembuatan ID billing untuk NPWP Belum register, maka sobat harus menginput ulang NPWP setiap kali ingin membuat ID billing. pada saat penginputan NPWP di layanan *141*500#, sobat bisa memasukan NPWP lain selain NPWP sobat.

 

 

Pengguna Terdaftar dan Pengguna Belum Terdaftar
Pengguna Terdaftar dan Pengguna Belum Terdaftar

 

 

Admin yang ganteng ini akan jelaskan satu persatu. Siap? Sip…. Mari perhatikan dnegan seksama !

1. Cara Membuat Kode Billing Pajak Via SMS Untuk Pengguna Terdaftar (Sudah Register)

Pengguna terdaftar disini adalah pengguna layanan yang mendaftarkan satu NPWP pada satu nomor ponsel. Pendaftaran atau registrasi hanya dilakukan ketika pertama kali menggunakan layanan. Setelah terdaftar, pengguna tidak perlu mendaftarkan lagi NPWPnya saat pembuatan kode billing berikutnya karena sudah terekam di sistem. Dengan demikian, maka nomor ponsel tersebut tidak dapat membuatkan kode billing pajak untuk NPWP lain selain NPWP yang didaftarkan tadi.

a. Registrasi NPWP

  1. Agar sobat menjadi pengguna terdaftar, silahkan registrasi dahulu NPWP sobat. Silahkan tekan *141*500#. Sobat akan melihat tampilan seperti berikut. 

     

    Registrasi NPWP di *141*500#
    Registrasi NPWP di *141*500#

     

     

  1. Ketik angka 1 untuk Registrasi User Billing. Kemudian pilih Send.
  1. Selanjutnya masukan NPWP 15 digit tanpa tanda baca. Kalau sudah silahkan pilih Send. Apabila NPWP yang didaftarkan benar, maka sistem akan menampilkan nama pemilik NPWP tersebut. Kalau data yang ditampilkan sesuai (NPWP dan Nama Wajib Pajak sesuai) maka silahkan kan pilih angka 1.
  1. Selanjutnya akan ada balasan “ Terima kasih permintaan  Anda sedang kami proses”. Pilih Send

     

    Registrasi NPWP di *141*500#
    Registrasi NPWP di *141*500#

     

     

  1. Apabila proses registrasi berhasil, sobat akan mendapat SMS registrasi user billing berhasil dari DITJEN PAJAK. 
    SMS Registrasi berhasil dari DITJEN PAJAK
    SMS Registrasi berhasil dari DITJEN PAJAK

     

b. membuat kode billing pajak

Kalau registrasi sudah selesai, sekarang tinggal membuat kode billing pajaknya

  1. Silahkan Akses *141*500#. Lalu pilih layanan nomor 2. Buat ID Billing. Pilih Send.
  2. Kemudian, pilh nomor NPWP Sudah Register. Selanjutnya pilih Send. 

     

    Membuat kode billing dengan SMS
    Membuat kode billing dengan SMS

     

  3. Pada tahap ini Sobat diharuskan mengisi Kode Akun Pajak sesuai dengan jenis pajak yang akan dibayar. Masukan 6 digit Kode Akun Pajak. Kalau sudah benar, pilih Send.
  4. Selanjutnya isi 3 digit Kode Jenis Setoran. Pilih Send. 

     

    Input Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran
    Input Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran

     

     

  5. Selanjutnya, masukan Masa Awal dan Akhir Pajak. Apabila ingin membayar pajak untuk jenis pajak masa, misalnya bulan Mei silahkan tulis 05/05. Atau untuk pajak masa bulan Juni, silahkan ketik 06/06. Apabila ingin membayar pajak januari s.d desember (tahunan), silahkan tulis 01/12. Pilih Send.
  6. Langkah berikutnya, masukan tahun pajak. Pilih Send. 

     

    Input Masa Pajak dan Tahun Pajak
    Input Masa Pajak dan Tahun Pajak

     

  7. Setelah itu, sobat harus memasukan Nominal Billing Pajak. Yaitu jumlah pajak yang akan dibayarkan. Masukan jumlah pajak yang akan dibayarkan tanpa tanda baca dan tanpa mata uang. Apabila sudah selesai pilih Send.
  8. Dan selanjutnya akan muncul tampilan berupa ringkasan ID billing pajak. Apabila terdapat kesalahan, silahkan kembali ketahap awal pembuatan ID Billing. Apabila ringkasan ID billing sudah benar, silahkan ketik 1 untuk membuat kode billingnya dilanjutkan dengan pilih Send. 

     

    Ringkasan ID Billing
    Ringkasan ID Billing

     

  9. Terakhir, sobat akan mendapat pesan berupa SMS kode billing dari DITJEN PAJAK. SMS tersebut berisi ID Billing dan ringkasannya. Silahkan setorkan pajak sobat sesuai dengan ringkasan yang tertera di SMS tersebut. Bawa kode billing yang telah didapatkan melaui SMS tersebut saat pembayaran pajak.

 

 

 

 

SMS ID Billing
SMS ID Billing

 

 

2. Cara Membuat Kode Billing Pajak Via SMS Untuk Pengguna Belum Terdaftar (Belum Register)

Secara umum, tahap pembuatan kode billing untuk pengguna terdaftar dan pengguna belum terdaftar adalah sama. Perbedaan hanya terletak di tahap awal. Pengguna tidak perlu mendaftar/register untuk mendapatkan kode billing pajak. Berikut admin ganteng akan jelaskan tahapan untuk pembuatan kode billing pajak bagi pengguna yang belum terdaftar.

a. Membuat kode billing pajak

  1. Silahkan Akses *141*500#.
  2. Lalu pilih layanan nomor 2. Buat ID Billing. Pilih Send
  3. Kemudian, pilh nomor 2. NPWP Belum Register. Selanjutnya pilih Send. 

     

    Membuat ID Billing bagi pengguna belum terdaftar
    Membuat ID Billing bagi pengguna belum terdaftar

     

  4. Masukkan 15 digit NPWP tanpa tanda baca. Pilih send untuk melanjutkan ketahap berikutnya. Satu nomor ponsel bisa membuat kode billing untuk NPWP lain. Selama nomor ponsel belum di registrasi di layanan *141*500# SMS ID Billing.
  5. Isi Kode Akun Pajak sesuai dengan jenis pajak yang akan dibayar. Masukan 6 digit Kode Akun Pajak. Kalau sudah benar, pilih Send. 

     

    Input Nomor NPWP dan Kode Akun Pajak
    Input Nomor NPWP dan Kode Akun Pajak

     

  6. Selanjutnya isi 3 digit Kode Jenis Setoran. Pilih Send
  7. Selanjutnya, masukan Masa Awal dan Akhir Pajak. Apabila ingin membayar pajak untuk jenis pajak masa, misalnya bulan Mei silahkan tulis 05/05. Atau untuk pajak masa bulan Juni, silahkan ketik 06/06. Apabila ingin membayar pajak januari s.d desember (tahunan), silahkan tulis 01/12. Apbila sudah selesai, pilih Send. 

     

    Input Kode Jenis Setoran dan Masa Pajak
    Input Kode Jenis Setoran dan Masa Pajak

     

  8. Langkah berikutnya, masukan tahun pajak. Pilih Send.
  9. Setelah itu, sobat harus memasukan Nominal Billing Pajak. Yaitu jumlah pajak yang akan dibayarkan. Masukan jumlah pajak yang akan dibayarkan tanpa tanda baca ataupun tanpa mata uang. Apabila sudah selesai pilih Send. 

     

    Input Tahun Pajak dan Nominal
    Input Tahun Pajak dan Nominal

     

  10. Dan selanjutnya akan muncul tampilan berupa ringkasan ID billing. Apabila terdapat kesalahan, silahkan kembali ketahap awal pembuatan ID Billing. Apabila ringkasan ID billing sudah benar, silahkan tulis 1 untuk membuat kode billingnya. 

     

    Ringkasan ID Billing
    Ringkasan ID Billing

     

  11. Terakhir, sobat akan mendapat pesan berupa SMS kode billing dari DITJEN PAJAK. SMS tersebut berisi ID Billing dan ringkasannya. Silahkan setorkan pajak sobat sesuai dengan ringkasan yang tertera di SMS tersebut. Bawa kode billing yang telah didapatkan melaui SMS tersebut saat pembayaran pajak. 

     

    SMS ID Billing dari DITJEN PAJAK
    SMS ID Billing dari DITJEN PAJAK

     

Bagaimana sobat sekalian ? sudah paham bagaimana cara membuat kode billing pajak via sms dengan mudah dan cepat ? Mudah-mudahan paham ya. Jangan lupa, mulai tahun ini, tahun 2016 penyetoran pajak secara manual dengan menggunakan SSP (Surat Setoran Pajak) sudah tidak diperbolehkan lagi. Penyetoran pajak harus menggunakan kode Billing Pajak.

Tukang post naik sepeda, sampai berjumpa lagi di post-post berikutnya !! dadah !!

#BanggaBayarPajak

BACA JUGA :

ini dia cara mudah membuat kode billing lewat internet !

Bayar pajak pakai e-billing yuk

PTKP tahun 2016 terbaru, kamu harus tahu !

About adminsp

BACA JUGA

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak

Bagaimana cara melakukan permintaan nomor seri faktur pajak (NSFP) ? Mungkin pertanyaan ini sering ditanyakan oleh wajib pajak …

2 KOMENTAR

  1. admin..saya sudah akses ke *141*500# tetapi selalu muncul ..SM response error :01
    itu apa artinya ya ??sy tidak mengerti.mohon infonya.terima kasih

tinggalkan komentar